Selasa, 03 Juni 2014

DIANTARA SUNNAH NABI YANG BANYAK DI LUPAKAN OLEH KAUM MUSLIMIN

Assalamu'alaikum warahmatullah wabarakatuh

Ikhwan dan akhwat yang saya hormati, diantara Sunnah Nabi Shallallahu alaihi wa sallam yang banyak dilupakan bahkan ditinggalkan oleh sebagian besar kaum muslimin dan muslimah ialah mereka hanya mengucapkan salam/ memberikan salam kepada saudara mereka atau teman-teman yang mereka kenal saja, akan tetapi mereka tidak mengucapkan salam kepada orang yang mereka tidak mengenalinya (artinya kepada muslim/muslimah lainnya) yang secara dzahir kita mengetahui dia sebagai seorang muslim namun kita enggan untuk memulai salam kepadanya.

Wahai saudara-saudariku kaum muslimin dan muslimah, ketahuilah!
Bahwa diantara amal yang sangat baik didalam islam ialah memberi salam kepada orang (islam) yang engkau kenal dan kepada orang (islam) yang tidak engkau mengenalinya.

Perhatikan hadits berikut ini;

Haditsnya dari sahabat Abdullah bin 'Amr ia berkata:

Bahwa ada seseorang yang bertanya kepada Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam: "amal apa yang terbaik didalam islam?"
Beliau menjawab: "Engkau memberikan makanan dan memberi salam kepada orang (islam) yang engkau kenal dan kepada orang (islam) yang tidak engkau mengenalnya.

(Riwayat Bukhari: 12)

Ikhwan dan akhwat sekalian yang saya hormati, apabila masing-masing kita menghidupkan kembali sunnah Nabi yang demikian إِنْ شَاءَ اللّهُ banyak memberikan manfaat untuk kita, selain kita telah mengerjakan amal shaleh dengan kita mengucapkan salam terlebih dahulu kepada mereka akan timbul rasa kecintaan kepadanya, dan merupakan sebab juga jalan menuju surga dan juga akan memberikan kelembutan pada hati. Yang demikian dapat juga memberikan manfaat yang sangat besar untuk perkembangan da'wah yang haq ini.

Yang mana kita saksikan banyak sekali dari saudara-saudara kita meninggalkan sunnah yang seperti ini (amal yang baik didalam islam).

Semoga ALLAH subhaanahu wa ta'ala memberikan kemudahan kepada kita untuk mengamalkannya.

Ahmad Ferry Nasution.